1.27.2011

Peranan Informasi dan Pengetahuan dalam Memberi Inspirasi Kemajuan Bangsa

Kontes Ngeblog Inspiratif Visimaya: Peranan Informasi dan Pengetahuan dalam Memberi Inspirasi Kemajuan Bangsa

Era globalisasi telah tiba, era internet tengah melanda negeri ini. Kemudahan akses internet telah membuka segala informasi secara global. Jarak jauh dan sekat antarbangsa serasa hilang dan dekat dengan adanya informasi yang disuguhkan internet. Indonesia telah memainkan peran besar dalam dunia marketing, terutama internet marketing. Pasar potensial dunia tengah melirik negeri kita, bayangkan berapa banyak manusia negeri kita sedang update status Facebook tiap hari, nge-tweet dengan beberapa sahabat dan rekan maupun ber-Blackberry Messenger dalam urusan bisnis yang makin memperkuat besarnya dunia internet yang diharapkan mampu menaikkan pangsa besar internet di dunia informasi Indonesia. Informasi tak lekang oleh zaman, kebutuhan akan akses informasi akan selalu ada.

Menurut data www.internetworldstats.com dengan menilik ke negeri tercinta berdasar pada data tersebut pengguna internet Indonesia di tahun 2000 melonjak drastis dari 2 juta orang sekarang sudah mencapai 30 juta jiwa, atau 12,3 % dari populasi di Indonesia di tahun 2010. Data ini merupakan peluang besar berbagai macam bisnis yang dapat ditampilkan pada dunia maya, penjualan barang dan jasa lewat jejaring sosial, web maupun blog-pun makin marak. Kebutuhan informasi ter-update juga dibutuhkan secara tidak langsung, portal-portal berita akan menjadi jujugan selain Televisi dan Radio, salah satunya adalah media internet yang baru yaitu visimaya.com. Visimaya.com sebagai sebuah portal informasi yang masih berusia muda. Visimaya.Com mengemban visi dan misi untuk menjadi gerbang informasi dan inspirasi bagi publik tanah air. Manajemen VisiMaya saat ini terus berbenah diri melengkapi fitur / menu web demi memuaskan pengunjung. Ke depannya akan menyusul fitur-fitur baru seperti Forum VisiMaya, Ruang Info Kerja, Ruang Bisnis UKM / Waralaba, Info Ponsel, Info Otomotif, Info Gadget, dan sebagainya. Sebagai sarana bisnis Visimaya.com akan memberikan keuntungan tersendiri bagi para member.

Indonesia telah banyak mengalami perkembangan jaman, media di Indonesia tidak di-bredel lagi bila berhadapan dengan pemerintah. Media termasuk internet, mau tidak mau telah signifikan dalam memajukan IPTEK di Indonesia. Nah yang menjadi perkembangan paling signifikan adalah penggunaan jejaring sosial twitter maupun facebook. Tak dinyana lagi Indonesia sangat fenomenal untuk urusan Twitter. Beberapa kali trending topic diisi oleh twit-twit dari Indonesia. Saking fenomenalnya, banyak perusahaan kini terjun langsung berhadapan dengan konsumen di Twitter. Banyak perusahaan maupun individu menarik konsumennya dengan mengadakan kuis yang berada di Twitter. Banyak kuis lebih mengena di twitter dibanding facebook, kala menggunakan twitter kita bisa langsung mengetahui di timeline teman kita tentang kuis meskipun kita tidak menjadi followernya. Dan bila kita udah follow kita akan bisa menjajal kuis tersebut. Namun kadang follower hanya memanfaatkan momen tersebut untuk meraih hadiahnya kadang tanpa pernah tahu menahu tentang produk produsen pemilik kuis. Kadang ada juga follower yang telah mempunyai produk tersebut, namun memilih masih mengikuti kuis dengan alasan beragam seperti pingin punya produk produsen pemilik kuis yang terbaru dsb. Namun pilihan produsen pemilik akun twitter tidak hanya menggaet kalangan pemilik produk, tapi telah menginduksi follower lain yang bukan pemilik produk sehingga menjadi konsumen yang potensial untuk digarap. Itulah sebuah strategi jitu bagi produsen pemilik akun twitter. Twitter telah menjadi sebuah fenomena dahsyat selain facebook, tidak hanya di internet marketing tapi juga di dunia politik.

Fenomena jejaring sosial facebook maupun twitter telah mampu menggulingkan sebuah pemerintahan di Tunisia. Bahkan kasus negara Mesir demonstrasi yang digulirkan adalah peran dari pengguna internet yang menggunakan jejaring sosial untuk menggalang dukungan. Tak pelak lagi pemerintah Mesir harus memutus jaringan intenet disana sebagai upaya memutus rantai pesan-pesan anti pemerintah. Sebuah fenomena bukan!

Penggunaan arus IPTEK tidak hanya dirasakan secara dunia maya saja tetepi telah membuka masyarakat yang ada di pelosok desa. Bayangkan tanpa dukungan teknologi dan informasi melalui jaringan internet, seorang pengrajin, petani dsb yang bermukim di daerah pelosok yang hendak memasarkan hasil kerajinannya maupun produksi pertaniannya, harus melalui cara-cara konvensional dengan bantuan para tengkulak. Sehingga hasil jerih payah petani maupun pengrajin kadang tidak sesuai dengan kerja kerasnya dan hanya dipermainkan tengkulak. Inilah peran internet, internet telah mampu menjembatani antara produsen dengan konsumen secara langsung meskipun lewat dunia maya. Petani maupun pengrajin tidak seenaknya dipermainkan tengkulak. Pada intinya para pengrajin ataupun petani harus "melek" internet. Tantangan baru bagi masyarakat di pelosok desa.

Tidak ada komentar: